Mengunjungi Memorial Presiden Indonesia kedua: Jendral Besar H. M. Soeharto di Yogyakarta

Assalamualaikum!

Halo teman-teman, kali ini aku akan post tentang kunjunganku ke Memorial Presiden Indonesia kedua kita, Alm. bapak Jendral Besar H. M. Soeharto di Yogyakarta. Saat aku masih kuliah, aku sangat tidak tahu ada tempat ini sampai suatu hari papa ingin datang kesini! Aku dengan wajah bingung, tidak menyangka bahwa ada tempat ini di Yogyakarta!

Memorial ini ada di daerah Godean, Yogyakarta. Setelah berkutat dengan Google Map mencari tempat ini, akhirnya ketemu juga, dan tempatnya juga agak ‘mblusuk’ di desa. Setelah sampai di Memorial ini, kita akan disuguhkan dengan pemandangan figur dari Alm. Bapak Soeharto!

 

Figur bapak Soeharto di depan Memorial

Memorial ini sangat bersih dan asri, mungkin karena tempat ini berada di tengah desa, maka suasana alami desa terbawa ke tempat ini. Di belakang figur ini, terdapat pendopo bernuansa joglo, dan pendopo ini menyediakan layar lebar untuk terus diputar ulang-ulang tentang sejarah perjuangan bapak Soeharto berpuluh-puluh tahun yang lalu. Mohon maaf aku tidak bisa memasukkan foto pendopo tersebut karena file fotonya corrupt T^T

Pintu Masuk

Untuk memasuki Memorial ini, tidak dipungut sepeser pun! Namun, sebagai pengunjung anda diwajibkan untuk mengisi buku kehadiran di pintu sebelah pintu masuk Memorial. Si penjaga meja buku kehadiran adalah bapak paruh baya yang sangat ramah, bertutur halus dan sangat informatif sekali. Namun pada saat itu, ibuku yang berbincang dengan bapak tersebut menggunakan bahasa Jawa halus yang agak sulit aku mengerti. Aku bisa berbahasa Jawa, namun Jawa kasar, untuk sehari-hari dan kepada orang-orang yang seumuran saja. Namun dari tutur kata bapak tersebut, terlihat sekali ia sangat menghormati Alm. Bapak Soeharto dengan sepenuh hati dan kita yang melihatnya rasanya adem sekali.

Sebelum bertemu dengan meja yang menyediakan buku kehadiran, kita biasanya akan fot-foto dulu di sign tempat ini, seperti yang aku lakukan!

 

Dalam tembok ini tertulis tiga slogan yang selalu digandangkan oleh bapak Soeharto pada saat sulit di akhir jabatannya sebagai Presiden sebelum akhirnya mundur:

 

Seperti yang kita tahu secara umum, bapak Soeharto mundur dari jabatan Presiden ketika banyak sekali pemberontakan terhadap pemerintahan beliau. Banyaknya fitnah-fitnah yang dilontarkan beberapa petinggi politik membuat tiga slogan di atas adalah menjadi pilar-pilar yang ia pegang teguh selama itu.

Kalian harus masuk ke Memorial ini untuk mengetahui bagaimana sejarah tentang Almarhum yang sesungguhnya. Kebanyakan media ataupun sejarah umum yang beredar selama ini tidak benar, akan dilurskan di Memorial ini sesuai bukti dan fakta. Contoh kecilnya seperti, beberapa petinggi politik pada zaman itu menuduh bapak Soeharto melakukan korupsi uang negara dan menyimpan uang tersebut di rekening bank di Swiss dan Amerika. Namun bapak Soeharto malah menantang penuduh tersebut untuk menginvestigasi rekening tersebut, namun hasilnya tidak pernah ada uang negara yang bapak Soeharto ambil. Bahkan bapak Soeharto bilang “…silahkan cari harta saya, ambil untuk negara…”, namun kenyataannya yang terdengar di media hanyalah berita tuduhan bapak Soeharto korupsi, dan bukti bahwa beliau tidak korupsi tidak pernah di angkat di media.

Untuk lanjutan yang lain kalian bisa datangi Memorial ini dan membaca sendiri lebih detail ya! Di Memorial ini pun ada banyak figur-figur yang mendukung agar kita mengerti bagaimana penggambaran sejarah pada waktu itu. Aku tidak akan membeberkannya di sini karena bagaimanapun kalian yang harus datang!

Di Memorial ini disediakan fasilitas Musholla untuk Muslim yang menurutku sangat cantik! Persis sekali dengan konsep rumah yang sangat aku idamkan:

 

 

Musholla di Memorial Jendral Besar H. M. Soeharto (1)

Musholla di Memorial Jendral Besar H. M. Soeharto (2)

 

Musholla di Memorial Jendral Besar H. M. Soeharto (3)

 

Cantik sekali bukan? Hm… saat selesai melihat Memorial ini, tiba-tiba sudah memasuki waktu Ashar, maka kami sempatkan untuk shalat sebelum pulang. Musholla ini sangat nyaman sekali, karena dilengkapi oleh AC, tempat duduk untuk mereka yang tidak bisa berdiri untuk shalat, mukena yang bersih dan suasana yang nyaman.

Main boleh, namun jangan lupa untuk ibadah!

Love,

Ulfa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *