Gunung Kidul Yogyakarta: Tempat Sejuta Pantai! (Cerita Pantai Jogan)

Assalamualaikum teman-teman!

Post kali ini pakai Bahasa Indonesia ya! Jadi waktu liburan lebaran kemarin (Eid 2018) aku dan satu keluarga besar ceritanya quality time di Gunung Kidul. Gunung Kidul kan terkenal sangat akan banyak pantainya, tapi karena dulu aku kuliah di Jogja dan memang kampung halamanku ada di kota Magelang (33 Km dari kota Jogja) maka dari itu Gunung Kidul sudah tidak asing lagi bagi keluargaku.

Karena saking pusingnya kita untuk mencari tempat untuk berlibur, kita memutuskan mencari tempat atraksi baru di Gunung Kidul, maklum sekali, sekarang Gunung Kidul dan beberapa daerah lainnya sedang gencar-gencarnya membangun tempat atraksi untuk liburan panjang, termasuk destinasi pantai, ataupun yang sedang trending adalah spot-spot selfie dengan tema alam yang pemandangannya tidak kalah bagus dengan liburan ke luar negeri deh! Akhirnya kita memilih destinasi Pantai Jogan di Gunung Kidul sebagai tempat quality time keluarga.

Tempatnya tidak terlalu besar dan cenderung agak ‘mblusuk’ ke dalam jadinya tidak terlalu banyak pengunjung di sini. Berikut adalah pemandangan yang akan kalian lihat ketika sampai di tempat ini!

 

Pantai Jogan

Jadi ketika kalian lihat pemandangan ini, tempat kalian berdiri itu sudah tebing curam namun tidak terlalu tinggi. Pemandangan ini sudah cukup menyembuhkan perasaanku yang sekitar 3 jam mengemudi mobil dari Magelang ke Gunung Kidul. Jarak Magelang ke tempat ini sekitar 80 Km an, namun pada saat libur lebaran seperti itu kondisi jalanan Jogja dan Gunung Kidul itu sangat penuh banget dengan kendaraan diluar plat AB (Jogja)! Jadi kalau aku boleh saran, kalau mau ke Gunung Kidul jangan pas ramai libur lebaran, tidak tahan deh dengan macetnya!

 

Saung Pantai Jogan

Sebenarnya masih banyak saung di belakang saung yang ini, tapi kondisinya yang agak kurang bersih untuk aku share di sini. Setelah sampai di tempat ini kita ‘nggelar’ tikar di sebelah saung untuk makan siang. Yup, mamaku udah masak banyak untuk jalan-jalan kali ini. Piknik time!

Setelah makan siang selesai, sebagian dari kita ada yang shalat dulu, ada yang foto-foto dulu. Beginilah apabila keluarga kami bertemu:

 

Abaikan mukaku yang kelihatan heran gitu ya, soalnya dari semua foto yang diambil waktu itu, cuma foto ini aku bagus hahaha.

Sebenarnya, di sebelah tebing ini ada tebing yang bentuknya seperti air terjun kemudian terhubung dengan sungai air tawar, jadi kalau airnya deras akan mengalir seperti air terjun yang airnya jatuh langsung ke laut. Tapi waktu itu sudah seminggu tidak hujan, jadinya sungainya kering sekali, sayang sekali! Tapi we had fun kok, karena yang terpenting adalah kebersamaan!

Kapan nih kalian main ke Jogja? Eh Gunung Kidul? Berkunjung boleh, tapi jangan lupa tanggung jawab dengan sampahnya ya! Kalau tidak ada tempat sampah, kalian bisa kumpulkan dulu di kantong plastik, nanti kalau sudah ketemu tempat sampah baru dibuang ya!

 

Love,

Ulfa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *